Pages

Cari :

Minuman yang sebaiknya tidak diseduh air panas.

SAAT cuaca dingin, paling nikmat menyeruput minuman panas atau hangat. Namun, tidak semua jenis minuman baik disajikan dalam keadaan panas.

Mengenai rasa, mungkin tetap bisa mendapat yang enak saat meminumnya dalam keadaan panas. Tapi, suhu yang tinggi justru akan menghilangkan beberapa manfaat pada jenis minuman tertentu.

Penyajian minuman yang tepat adalah dengan suhu hangat, normal, atau dingin. Menurut buku Smart Eating karya Jane Ibbetson, setidaknya ada tiga jenis minuman yang tidak boleh diseduh dengan air panas.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate sebagai antioksidan yang berpotensi rusak ketika diseduh dalam suhu tinggi. Temperatur yang pas untuk menyeduh tehhijau adalah tidak lebih dari 70 derajat Celsius. Untuk mendapat antioksidan optimal dalam teh, maka satu cangkir setidaknya memerlukan 3 gram teh. Jika menggunakan teh celup, sebaiknya jangan mencelupkan kantong teh lebih dari tiga kali guna mencegah kontaminasi.

Susu

Susu mengandung protein hewani tertentu yang bisa rusak ketika diseduh menggunakan air panas. Protein susu ini akan mengalami denaturasi dalam suhu yang lebih sari 80 derajat Celsius. Karena itu, untuk menikmati segelas susu, cukup seduh dengan menggunakan air hangat.

Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung banyak vitamin C. Sifat vitamin C yaitu tidak tahan panas, maka jangan mencampur perasan jeruk dengan air panas. Jika ingin membuat seduhan minuman jeruk maka gunakan air yang memiliki suhu ruang yakni berkisar 20–25 derajat Celsius.(ndr)

From okezone dot com

World Breaking News

Belajar Bahasa Inggris Mandiri

Artikel Komputer

 

Pilih Tulisan

KlaK-KliK

Kabar Bengkulu

Kabar Nusantara

Instagram